Berbicara mengenai tempat tinggal, kebanyakan orang mungkin berfikir kalau itu adalah sebuah bangunan rumah yang bisa ditinggali. Padahal nyatanya, rumah tinggal terbagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini bisa berdasarkan letak, bentuk, maupun ukurannya. Dengan mengetahui jenis-jenis rumah tinggal, tentu Anda pun dapat membangun sebuah rumah impian nantinya. Berikut adalah jenis-jenis rumah tinggal yang mungkin belum Anda ketahui.

Rumah tinggal tunggal (Detached)

Rumah tinggal tunggal atau yang sering disebut sebagai rumah terpisah, merupakan rumah tinggal yang terpisah dari rumah lainnya atau berdiri sendiri. Rumah jenis ini biasanya hanya digunakan untuk satu keluarga saja, dan jaraknya berjauhan antara rumah yang satu dengan rumah lainnya. Contoh rumah tunggal adalah villa, bungalow, mansion, dan juga cottage. Rumah tinggal tunggal ini umumnya dibangun di atas tanah yang lebih luas, dan biasanya dikeliliingi yard atau halaman yang luas pula.

Rumah tinggal susun (Flat)

Rumah yang fleksibel, yakni mampu menyesuaikan berbagai opsi. Kerugian dasar hunian susun ialah BC yang mengurangi unit-unit yang dapat diorientasikan ke permukaan tanah. Hunian susun umumnya berisi ganda, maksudnya memiliki kamar-kamar yang berada di pada setiap unitnya.

Rumah tinggal kopel

Rumah tinggal kopel adalah rumah tinggal tunggal yang dipisah atau disekat oleh satu dinding, dan ukurannya sama besar antara kanan dan kiri. Jika dilihat secara detail, jenis rumah ini akan terlihat seperti memiliki satu konsep desain, padahal sebenarnya memang ada dua rumah.

Hunian kota (Town house)

Sama dengan hunian gandeng, namun ada tambahan tempat parkir di dalam bangunannya. Area parkir di bagian dalam memerlukan halaman depan yang lebih luas (untuk menampung supir, jalan masuk, serta ruangan bagian dalam untuk manfaat khusus), dan biasanya dibuat dengankedalaman kira-kira 150 kaki.

Leave a comment

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes